Masalah yang Sering Terjadi Pada Kompresor dan Cara Mengatasinya

Untung meningkatkan tekanan atau memampatkan fluida, mesin kompresor angin diciptakan. Biasanya mesin kompresor angin menggunakan tenaga penggerak seperti mesin listrik, mesin bensin atau mesin diesel. Di kehidupan sehari-hari, pompa vakum kompresor digunakan untuk berbagai keperluan seperti penyuplai angin pada ban, suplai udara pada penyelam, suplai udara untuk alat spray, dan lain-lain.


4 gangguan yang umum terjadi pada kompresor

Anda yang memiliki mesin kompresor di rumah, wajib memperhatikan perawatan rutin agar kompresor bisa digunakan dalam waktu lebih lama. Berikut 4 gangguan yang sering terjadi pada kompresor dan cara mengatasi!

1. Terjadi overheat

Daya kompresor yang kurang dari ketetapan normal membuat kinerja motor penggerak kurang maksimal. Motor penggerak akan bekerja lebih berat agar bisa menghasilkan beban yang besar. Akibatnya mesin bekerja ekstra melebihi kapasitas kemampuan yang dimiliki sehingga overload. Jika overload semakin parah, maka motor listrik kompresor akan semakin panas yang mengakibatkan kebakaran pada lilitan magnet. 

Jangan heran kalau mesin kompresor mengalami overheat dan alami kerusakan yang butuh perbaikan. Solusi mengatasi kejadian overheat adalah pertimbangan faktor koreksi pada setiap instalasi kompresor. Sebaiknya instalasi kompresor dilakukan oleh tenaga ahli yang berwawasan dan lebih berpengalaman. 

2. Pemanasan berlebihan di udara hisap

Kasus yang sering terjadi pada mesin kompresor adalah pemanasan berlebih yang terjadi pada udara hisap. Bila temperatur udara hisap tinggi, maka temperatur udara tekan akan mengalami masalah yang berdampak pada penghambatan proses pemampatan angin.

Pemanasan berlebihan di udara hisap bisa memberikan dampak buruk bagi komponen lain seperti kerusakan katup, piston mengalami kemacetan, proses kompresi yang berhenti, dan karbit menempel pada setiap katup lainnya. Solusi mengatasi masalah ini adalah memasang alat pendingin pada tangki penampung udara. 

3. Katup pengaman kompresor terbuka 

Masalah lain yang sering terjadi pada pompa vakum kompresor adalah katup pengaman yang terbuka.  Jika katup pengaman terbuka atau mengalami masalah lain, maka sistem kontrol tekanan bisa melebihi batas dan tidak terkendali. Pastikan Anda selalu melakukan perawatan di setiap komponen mesin kompresor agar bisa memastikan tidak ada kotoran yang menyumbat di daerah katup pengaman. Katup pengaman yang bermasalah bisa membahayakan, lho! 

4. Korosi

Korosi atau karat merupakan hal yang terjadi pada mesin kompresor yang disebabkan oleh proses pengembunan di komponen mesin. Udara di kompresor  mengandung senyawa air yang bercampur dengan senyawa asam dan basa sehingga memiliki sifat korosif. Untuk meminimalisir risiko korosi yang umum terjadi, Anda wajib memilih mesin kompresor yang terbuat dari bahan logam yang tepat. Logam yang digunakan harus lebih tahan terhadap proses karat, ya! Anda juga bisa menggunakan solusi kedua dengan memasang sistem katup cegah air di bagian luar kompresor tersebut.

Beberapa gangguan atau masalah yang sering terjadi pada mesin kompresor wajib Anda ketahui agar bisa mencari solusi terbaik. Tentu perawatan setiap kompresor berbeda tergantung dengan jenis kompresor tersebut. Di pasaran, ada beberapa jenis kompresor yang banyak dimanfaatkan dalam kehidupan harian, misalnya air compressor direct driven, air compressor belt driven, air compressor mini, dan air compressor screw. 

Pastikan Anda melakukan perawatan mesin kompresor yang benar agar memiliki alat mekanik yang memiliki ketahanan jangka panjang. Pastikan memilih jasa penjual kompresor dan jual ring blower  yang kredibel. Jaminan barang berkualitas dan bergaransi bisa membantu aktivitas harian dan memberikan kinerja yang lebih optimal.  

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini