Cara Jitu Atur THR Tahun 2020 Supaya Makmur & Keuangan Aman

Di tengah kondisi perekonomian yang menurun drastis karena imbas virus Corona, bersyukurlah kamu yang saat ini masih memiliki pekerjaan, penghasilan stabil, dan masih mendapat dana cepat tahunan alias THR 2020. Agak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, bulan Ramadan hingga Lebaran tahun ini diprediksi akan jauh dari hingar bingar mengingat kita masih harus karantina diri dan menghindari keramaian demi mencegah penyebaran virus Corona yang semakin hari semakin menjangkiti banyak orang di Indonesia. 


Banyaknya mall dan pasar yang membatasi jam buka, toko-toko yang tutup akibat sepi pembeli, serta banyak orang yang terkendala ekonomi akibat hal ini, secara tidak langsung menjadi pengingat kita untuk tidak menghambur-hamburkan THR sepenuhnya demi memenuhi kebutuhan konsumtif. Maka dari itu, agar THR tetap bermanfaat, ada baiknya pengaturan atau alokasinya ditujukan untuk menjaga keuangan tetap aman. Begini caranya: 

Utamakan untuk dana darurat atau lunasi utang

Demi berjaga-jaga kedepannya, sebagian THR atau jika memungkinkan 50%-nya, lebih baik dialokasikan untuk mengisi tabungan atau melunasi utang yang masih tersisa. Tabungan darurat akan sangat berfungsi dalam segala kondisi, terutama jika kita sakit dan harus istirahat total. Sebab, kondisi wabah saat ini masih belum ada yang dapat memprediksi berlangsung sampai kapan. Selain itu, dengan menggunakan THR untuk melunasi utang yang tersisa, misalnya utang kartu kredit, bisa membuat beban keuangan pasca lebaran berkurang. 

Kalau utang kartu kredit sudah lunas dan mau terhindar dari biaya iuran bulanan atau tahunan biar makin hemat, kamu bisa mempertimbangkan untuk mengganti fasilitas kredit dari kartu kredit ke kredit online lho. Ada Kredivo, fintech kredit online sekaligus pinjaman dana cepat yang bisa dicoba. Dengan limit maksimal s.d Rp 30 juta bagi pengguna Premium, Kredivo merupakan fintech yang telah terdaftar di OJK dan memiliki sistem keamanan mumpuni bagi pengguna untuk brtransaksi. 

Tidak perlu keluar biaya untuk kartu, iuran bulanan, atau iuran tahunan, kamu hanya wajib membayar tagihan di Kredivo apabila pernah melakukan transaksi, baik itu kredit barang di 250+ e-commerce & merchant mitra Kredivo atau pengajuan pinjaman dana cepat mulai dari 500 ribu di aplikasi Kredivo. Dengan suku bunga rendah dan flat, hanya 2,95% per bulan, Kredivo menyediakan opsi tenor 3/6/12 bulan untuk kredit barang dan 1/3/6 bulan untuk pinjaman dana cepat tunai. 

Alokasikan untuk kebutuhan hari raya secukupnya

Salah satu yang buat kangen Lebaran selain silaturahmi dan halal bi halalnya tentu saja adalah kuliner khas yang hanya muncul setahun sekali: ketupat, opor ayam, semur daging, sayur kacang panjang, kue nastar, kastengel, dan lain-lain yang sesuai selera atau tradisi Lebaran masing-masing orang. Di samping itu, nggak lupa juga dana untuk zakat, infaq, dan sedekah yang wajib dikeluarkan jika kamu muslim. Alih-alih beli baju baru atau hp baru buat Lebaran, ada baiknya uang THR dialokasikan secukupnya untuk hari raya: persiapan jamuan makanan dan pembayaran zakat. 

Jangan lupa, social distancing atau himbauan menghindari kerumunan juga masih harus dilakukan dalam beberapa bulan ke depan. Ini artinya, hindari juga berbelanja langsung ke toko atau ke mal jika tidak penting. Sebagai gantinya, jika bagi kamu membeli baju Lebaran masih jadi prioritas (misalnya untuk anak, hadiah saudara, dsb), kamu dapat memilih berbelanja dengan metode online di e-commerce. 

Alihkan bujet mudik untuk tambahan biaya sekolah anak atau investasi

Saat ini, Kementerian Perhubungan telah mengeluarkan himbauan bagi masyarakat untuk tidak mudik demi melambat laju penyebaran virus Corona lebih luas. Mengingat virus ini kabarnya lebih rentan terhadap lansia dan anak-anak. Meski baru sekadar imbauan, hal ini akan berubah statusnya jadi larangan jika dalam sebulan kedepan kondisi wabah tak kunjung mereda. Jadi, persiapkan dirimu untuk tidak melepas rindu bersama keluarga di kampung halaman demi kebaikan bersama. Positifnya, uang yang dialokasikan untuk mudik, dapat ditabung dan dialihkan menjadi tambahan biaya sekolah anak di tahun ajaran baru nanti atau memulai investasi demi keuangan yang lebih makmur!

Jika ada sisa, gunakan uang untuk aktivitas yang produktif seperti hobi yang menghasilkan atau berbisnis

Kini, waktunya membangun sumber penghasilan pasifmu sendiri lewat berbagai aktivitas produktif yang bisa dijalankan dari uang THR yang tersisa. Misalnya, membeli peralatan yang mendukung hobi di rumah agar bisa menghasilkan. Kalau suka baking, nggak ada salahnya untuk beli oven, cetakan, dan berbagai bahan kue lain untuk menambah jam terbang di dapur. Syukur-syukur hasilnya enak dan bisa dijual. Kalau suka jahit, kamu bisa membeli perlengkapan jahit untuk berlatih lebih sering. Berkebun, mendesain, blogging, dan masih banyak lagi. 


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini