Yuk Cari Tahu Jenis Freon AC Rumah Anda!

Bagi Anda mungkin kata Freon masih asing terdengar di telinga, namun bagaimana dengan AC? Pasti banyak orang yang sudah mengenal kata ini. Freon adalah sejenis senyawa kimia atau gas yang digunakan untuk menyerap beban pendingin ruangan. Freon yang ada pada AC terdapat pada bagian kipas untuk mengontrol suhu udara. Jenis Freon AC yang bisa kita pahami masih sangat sedikit.


Di bawah ini ada 4 jenis Freon AC yang bisa kita tahu, yaitu :

1. Freon R22

Jenis Freon R22 ini merupakan satu-satunya freon yang dapat mengancam kerusakan ozon senilai 00.05 apabila dibandingkan dengan freon lainnya. Hal ini menyebabkan jenis Freon ini tidak dipergunakan lagi di Indonesia karena dampak yang dihasilkan sangat berbahaya bagi lingkungan. Namun kelebihan Freon ini yaitu tidak mudah terbakar.

2. Freon R410A

Jenis Freon AC yang satu ini tidak memiliki potensi perusakan ozon namun dalam pemanasan global jenis ini memiliki nilai cukup tinggi karena proses yang dihasilkannya. Freon yang tidak mudah terbakar ini biasa digunakan pada tipe AC inverter. Perusahaan masih jarang menggunakan Freon tipe ini karena berbagai kendala. 

3. Freon R32

Bicara freon yang ramah lingkungan, maka freon satu inilah pilihannya. Freon R32 ini juga mempunyai tingkat potensi pemanasan global yang lebih rendah apabila dibandingkan dengan freon lainnya. Jenis ini sangat banyak digunakan pada AC rumah tangga.

4.Fre on R290

Jenis ini memiliki kelebihan pada nilai pemanasan global yang sangat rendah dibandingkan dengan jenis lainnya. Namun hal ini tidak menjadi acuan bagi perusahaan AC karena tingkat mudah terbakarnya cukup tinggi dan index dingginya sangat rendah.

Di atas sudah dijelaskan berbagai macam jenis Freon AC. Setelah mengetahui jenis Freon AC dilengkapi dengan kelebihan dan kekurangannya, sekarang waktunya untuk memilih dengan bijak jenis AC yang akan dibeli. Setelah itu jangan lupa menyerahkan jasa pasang AC pada ahlinya. Jasa pasang AC yang bisa diandalkan adalah CMSMAINTENANCE.


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini