4 Kebiasaan yang Membuat Smartphone Mudah Rusak

Rasanya untuk saat ini sangat sulit ya untuk bisa terbebas dari penggunaan smartphone. Selain karena kebutuhan, tidak dipungkiri bahwa kini banyak yang termasuk gadget addict. Alhasil smartphone pun digunakan dengan intensitas pemakaian yang tinggi. Ini berisiko membuat smartphone mudah rusak.

Selain itu memang ada kebiasaan-kebiasaan tertentu yang memang membuat kinerja smartphone menurun dan berujung pada timbulnya kerusakan.

Kebiasaan yang Membuat Smartphone Mudah Rusak



Sudah benarkah cara Anda menggunakan smartphone? 

1. Tidak memperhatikan memori internal

Ada tipe pengguna smartphone yang hobi menyimpan berbagai file dalam perangkat smartphone. Tanda disadari, kebiasaan ini akan membuat memori internal penuh dengan file. Padahal, jika memori internal selalu penuh akan membuat smartphone lebih sering error dan bahkan bisa mati secara tiba-tiba.

Oleh karena itu mulai selektiflah saat menyimpan file. Setidaknya sisakan ruang penyimpanan sebesar 1GB atau 2GB agar kinerja sistem tetap stabil.

2. Cache tidak dibersihkan

Semakin sering smartphone digunakan, maka ini akan membuat cache menumpuk sehingga berpengaruh pada kinerja smartphone. Untuk itu rajinlah menghapus cache dengan membuka menu Settings – Storage – Cache Data – kemudian hapus chace yang ingin dibersihkan.

3. Charging berlebihan

Umumnya smartphone hanya membutuhkan waktu 2 jam agar daya baterai bisa penuh. Tapi, sayangnya masih banyak yang mengisi daya baterai ketika akan pergi tidur. Ini artinya, charger baterai akan dilepas ketika sudah bangun di pagi harinya. 

Kebiasaan inilah yang membuat umur smartphone menjadi pendek. Apabila kebiasaan ini tidak segera dihilangkan, lambat laun baterai smartphone akan mengalami kerusakan.

4. Penggunaan aplikasi yang tidak support dengan smartphone

Selain harus memperhatikan memori internal, Anda juga perlu selektif memilih aplikasi yang akan diunduh dan diinstal pada smartphone. Sebab tidak jarang masih banyak pengguna yang terlalu memaksa menginstal aplikasi tertentu padahal spesifikasi smartphone kurang memadai. Ini akan membuat RAM cepat penuh dan kinerjanya menjadi lambat.

Itulah 4 kebiasaan yang sering dilakukan dan tanpa disadari membuat smartphone mudah rusak. Mengingat smartphone ini bukanlah gadget yang harganya murah, ada baiknya jika mulai hari ini Anda menghilangkan kebiasaan-kebiasaan di atas agar smartphone senantiasa awet.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini